Selasa, 17 Maret 2015

Definisi dan Sejarah Web






Definisi Web

Secara terminologi, website merupakan kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang  berada di dalam Internet. Sebuah halaman web merupakan sebuah dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang kemudian bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.
Secara umun orang-orang mengenalnya dengan nama WWW atau juga dikenal dengan Web. Web adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi para pemakai computer yang terhubung ke internet untuk mengetahui berbagai informasi dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius, dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial.

Sejarah Web

WWW atau yang sering dikenal sebagai Web ditemukan oleh seseorang yang bernama Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee yang merupakan seorang ilmuan dengan latar belakang pendidikan pengolahan teks, komunikasi dan real-time software.

Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee

Ia menemukan ide ini saat masih bekerja pada CERN, CERN adalah Centre Europeenne Recherche Nucleaire atau dikenal juga sebagai European Laboratory for Partcle Physics. Sebelumnya pada tahun 1980 ia sudah membangun sebuah alat dan model perangkat lunak yang disebut Enquire. Enquire merupakan sebuah database halaman-halaman data dan informasi satu sama lain yg terkoneksi atau dikenal dengan istilah Linked.
Sebuah masalah pun muncul pada tahun 1984 saat Tim menyadari bagaimana cara bagi para ilmuwan untuk dapat mengakses berbagai macam data dan informasi yang dibutuhkan dari komputer masihng-masihng yg berada di laboratorium. Lalu pada tahun 1989 Tim menulis sebuah proposal Information Management untuk CERN, yg akhirnya Tim mendapatkan bantuan dari ilmuwan lainnya yg juga bekerja di CERN yg bernama Robert Cailiau.

Robert Cailliau

Pada tahun1990 Tim dan Robert bersama-sama membuat proposal lainnya yg telah disempurnakan dan telah disetujui oleh bos dari Tim yaitu Mike Sendall. Maka pada akhir tahun 1990 web browser pertama yg diberi nama WorldWideWeb atau WWW dipublikasikan pertama kalinya.
Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee &
Robert Cailliau

Sumber dan Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://mersannurhakim.blogspot.com/2013/03/sejarah-web.html
http://raghibnuruddin217.blogspot.com/
http://diavoletto-nerosubianco.blogspot.com/2013/05/pengertian-web-dan-sejarah-web.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar