Jumat, 14 November 2014

Internet dan Perkembangannya

Internet dan Perkembangannya

 

PENGERTIAN INTERNET

        Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda.Internet merupakan jaringan dari jaringan komputer (interconnected network) dimana internetdapat digambarkan sebagai sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap pendudukmemiliki alamat (Internet & e-mail address) yang dapat digunakan untuk berkirim informasi atausurat. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.Internet merupakan jaringan global yang terdiri dari berbagai komputeryang saling berhubungan dan bekerjasama dengan cara berbagiinformasi dan data menggunakan protocol TCP/IP.


SEJARAH INTERNET 
          Sejarah internet dimulai pada Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network”. ia mengemukakan tentang jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja.
           Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.

PERKEMBANGAN INTERNET

Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :
     1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
      2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
    3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
    4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

Perkembangan internet dimulai sejak tahun 1940 dan itu hanya menghubungkan dua titik saja yakni antar instansi pemerintah dengan pihak kampus saja. Kemudian berkembang dan semakin banyak komputer yang terhubung kejaringan tersebut dan akhirnya ada ratusan bahkan ribuan komputer terhubung dengan jaringan tersebut, jaringan tersebut itulah yang dinamakan internet. Pada tahun 2000 internet mencapai masa kejayaannya, Seiring dengan perkembangan zaman ke era ITteknologi modern ini. hampir semua orang berlomba untuk punya nama domain yang berbisnis di internet, semakin meningkat pula pengguna internet di seluruh dunia termasuk di Indonesia.Dalam perkembangannya yang hanya terbatas di negara Amerika Serikat, sekarang Internet bisa digunakan di seluruh dunia. Di dalam penggunaan Internet, terdapat beberapa protokol-protokol Internet yang digunakan, antara lain, TCF, DNS, IP, SSL, FTP, Telnet, HTTPS, SSH, HTTP, POP3, UDP, IMAP, dan SMTP. Beberapa layanan-layanan populer Internet yang menggunakan protokol-protokol tersebut adalah surel (surat elektronik) atau biasa di sebut email, Newsgroup, Usenet, File Sharing, IRC, WWW, dan sebagainya.  

          Beberapa yang disebutkan diatas, yang paling sering digunakan yaitu email dan WWW. Selain yang disebut diatas, Internet dapat digunakan untuk berhubungan antara dua pengguna atau lebih melalui aplikasi pengiriman pesan secara instan seperti YM, MSN, Camfrog, Facebook, Twitter, dan Pidgin atau beberapa aplikasi sejenis yang sekarang ini berkembang pesat.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET


Dampak positif internet :
  1. Sebagai Sumber Informasi,  Dengan adanya internet, kita bisa mencari  informasi dan berita terbaru dari seluruh dunia dengan mudah.
  2. Sebagai Media Komunikasi, Kini semua orang bisa berkomunikasi dengan siapa saja & dimana saja. Dengan menggunakan internet komunikasipun menjadi lebih mudah dan lancar.
  3. Sebagai Media Pendidikan Dan Juga Hiburan,E-learning atau belajar jarak jauh atau belajar melalui internet kini sudah bisa dilakukan, Dengan belajar melalui internet kini siapa saja mudah mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pembelajaran di internet dapat berupa e-book (electronik book), video, games, dan kini di internet.
  4. Sebagai Media Bisnis Dan Memudahkan Transaksi, dengan menggunakan internet dapat melakukan proses bisnis dengan mudah dan cepat.
  5. Sebagai Media Pertukaran Data,Internet memungkinkan semua orang dari seluruh  dunia untuk saling bertukaran data, Sehingga muncul istilah Upload dan Download.


Dampak negatif internet:

      1.      Pornografi
Konten ini banyak salah digunakan dalam perkembangan internet bahkan pengaksesnya berupa anak anak yang masih dibawah umur
      2.      Perjudian
Perjudian online makin marak didunia maya dengan menggunakan uang virtual,
      3.      Penipuan
Penipuan dalam internet banyak dijumpai pada online shop ketika uang sudah ditransfer barang yang dibeli tak kunjung datang.
      4.      Pencemaran nama baik
Pencemaran nama baik banyak kasus yang dijumpai pada akhir akhir ini yang membicarakan nama ataupun instansi pada media social contohnya twitter maupun facebook untuk menjelek jelekan namanya.
      5.      Bullying
Bullying melalui media internet merupakan pembunuhan karakter.

Sumber : 
kalamkata.org/ebook/indonesian/Modul01-internetfundamental.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar