Apa Itu SEO ?
Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa
itu #SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah
serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website
yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi
lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki
ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk
mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian
Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci
tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada
pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih
banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil
pencarian. Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog
yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah
website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search),
bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads).
Apa
Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara
dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik
dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui #internet marketing. Berikut ini adalah beberapa
manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan
Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website
yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik
juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda
di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial
akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi
calon customer bisnis Anda.
Mengapa
saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber
trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut
berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website
Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis
Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang
mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada
masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda
melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian
berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer
karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik
potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan
membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand
Awareness Bisnis Anda
Brand
Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun
mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka
kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak
cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya adalah
dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna
internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google
dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka
kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan
informasi berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang
membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara
otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.
3. Mendapatkan Data
Customer Anda dengan Gratis
Banyak
pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di
berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (email,
nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia
bisnis mereka. Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon
customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita
mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk
menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap
saat.
Bila
website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih
mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya
kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut,
misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.
Sebenarnya
masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di
atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO
bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda
akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.
Apa Saja yang
Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?
Bila Anda membaca artikel saya sebelumnya, yaitu “200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google“,
mungkin Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda
karena terlihat rumit. Tidak harus seperti itu, mari kita buat lebih sederhana
saja. Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan
oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.
1.
Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang
dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang
dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang
SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara
lain:
§ Riset keywords, menemukan kata kunci utama dan
kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
§
Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan
load-nya cepat
§
Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
§
Menambahkan description yang relevan dengan website
§
Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
§
Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
§
Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
§
Mengatur navigasi website sebaik mungkin
§
Membangun internal links
§
Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
§
Dan lain-lain
2.
Apa Itu SEO Off Page
SEO
Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang
dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu
didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page
dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju
website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan
popularitas sebuah website di internet antara lain:
§ Links dari
media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
§ Links dari
web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
§ Links dari
forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
§ Links dari
situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
§ Links dari
kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
§ Links dari
website yang menerima guest blogger
§ Dan lain-lain
Nah
di atas tadi adalah penjelasan singkat apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan
apa manfaatnya bagi website bisnis Anda. Optimasi website di mesin pencari
adalah proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine
(terutama Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan
website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik.
sumber:https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar