Senin, 27 April 2015

Analisis Web Content



Nah disini saya akan menganalisis dan membahas sedikit tentang web yang biasa saya kunjungi dan juga sudah tidak awam lagi didalam masyarakat yaitu jejaring sosial Facebook.


Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini. 


Beberapa Fitur-fitur yang ada didalam Facebook

Chat
Fitur yang memungkinkan kita untuk berbicara lewat pesan secara online dengan orang-orang atau teman yang sedang online didalam facebook.

Messages and Inbox
Fitur yang digunakan untuk mengirim pesan kepada teman atau orang lain yang ada didalam facebook. Saat ini message yang ada di facebook sudah bisa digunakan untuk mengirim file-file seperti gambar ataupun word.
Wall 
Atau yang biasanya disebut beranda. Dinding adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis. Fitur ini meungkinkan kita untuk mengupdate informasi terbaru apa saja yang ada di facebook misalnya seperti update status dari orang-orang atau beberapa event dari fanspage yang sudah kita like.

Notifications  
Fitur yang memungkinkan kita untuk melihat notifikasi apa saja yang ada di dalam facebook kita, misalnya seperti notifikasi ulang tahun teman, tag nama dari kiriman foto ataupun komentar, dan notifikasi tentang pertemanan.
 
Poke    
Fitur colek ditujukan sebagai "dorongan" untuk menarik perhatian pengguna lain. Tapi saat ini fitur ini sudah dihilangkan dari facebook.

Bahasa yang digunakan didalam Facebook
Bahasa yang digunakan disini sama dengan jejaring sosial yang lainnya, tidak terlalu kaku dan lumayan mudah dimengerti oleh setiap orang. Fitur bahsa didalam facebook juga memiliki beberapa pilihan bahasa seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jepang, dll, bahkan bahasa jawa pun ada didalam pilihannya.

Kelebihan dan kekurangan facebook

Kelebihan :
1.      Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
2.      Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
3.      Upload gambar sangatlah mudah.
4.      Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
5.      Dapat digunakan untuk iklan.
6.   Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
7.     Facebook dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun.

Kekurangan :
1.    Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
2.    Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.
3.   Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
4.    Facebook acap kali menjadi tempat kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.

     sumber dan referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar